Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 19 Desember 2012

Makanan Penurun Kolesterol Jahat

Makanan Penurun Kolesterol Jahat - Kolesterol adalah salah satu zat sejenis lipid yang ada di dalam tubuh. Zat ini sangat berguna bagi tubuh untuk proses metabolisme tubuh dan membentuk sel baru atau hormon. Namun tidak boleh berlebihan karena kolesterol dapat menyumbat aliran darah menuju ke otak dan organ-organ tubuh lainnya sehingga bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

Melakukan pola makan yang sehat bisa mencegah terjadinya koleterol tinggi yang bisa menimbulkan beberapa penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke. Mengkonsumsi makanan tertentu bisa mencegah timbulnya masalah tersebut. Berikut adalah beberapa Makanan Penurun Kolesterol Jahat :

1. Gandum
Gandum adalah salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Gandum atau outmeal mengandung banyak kandungan serat yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Ikan
Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan seperti ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden terbukti dapat menurunkan kolestorel jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah. Menu masakan ikan bisa anda tambahkan dalam daftar menu harian anda sebagai pengganti daging ayam dan daging sapi.

3. Kacang-kacangan
Kacangan-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. Kacang walnut dan kacang almond adalah kacang terbaik untuk menurunkan kolesterol. Namun konsumsi kacang-kacangan harus dalam jumlah yang normal yaitu hanya 2 ons atau 57 gram sehari karena jkacang mengandung kalori cukup tinggi yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

4. Sayuran Hijau
Jenis-jenis sayuran hijau seperti bayam, sawi, brokoli dsb memiliki kandungan vitamin B kompleks dan niasin yang dapat mencegah pembekuan arteri. Mengkonsumsi sayuran setiap hari bisa membantu menurunkan penyakit kolesterol tinggi.

5. Buah-buahan
Buah-buahan seperti semangka, alpukat, apel, dan tomat adalah buah yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Semangka kaya akan vitamin C dan vitamin A yang baik, tapi juga mengandung zat antioksidan serta likopen yang berfungsi menetralisasi radikal bebas, dan mengoksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah. Alpukat mengandung lemak tak jenuh, vitamin E dan vitamin B dan asam folat. Apel mengandung serat yang tinggi,dan tomat yang memiliki khasiat sama dengan statin, obat kimia yang lazim digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Demikian artikel tentangMakanan Penurun Kolesterol Jahat. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Cara Sehat . All Rights Reserved
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates