Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 02 Januari 2013

Manfaat jengkol bagi Kesehatan

Manfaat jengkol bagi Kesehatan - Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa jengkol adalah makanan yang terkenal akan baunya. Sebagian orang sangat membenci makanan tersebut namun tidak sedikit pula yang tergila-giila mengkonsumsi makanan yang memiliki bau yang kurang sedap tersebut. Terutama masyarakat Jawa Barat yang terkenal akan masakannya yaitu semur jengkol.

Namun dibalik akan baunya yang kurang sedap, jengkol juga memiliki beberapa Manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan mineral cukup banyak seperti karbohidrat, zat besi, protein, fosfor dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B dan C sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Baiklah mari kita bahas saja ya, berikut adalah Manfaat jengkol bagi Kesehatan :

1. Protein
Kandungan protein dalam makanan jengkol cukup banyak bahkan lebih banyak dari makanan lain seperti kedelai dan kacang hijau. Dalam 100 gram jengkol mengandung sekitar 23,3 gram protein. Protein sangat berguna bagi tubuh untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

2. Zat Besi
Selain protein, jengkol juga mengandung zat besi yang berguna untuk mengangkat oksigen ke dalam tubuh. Bayangkan jika zat besi dalam tubuh berkurang yang mengakibatkan asupan oksigen pun berkurang. Tubuh akan lemas dan loyo. Dalam 100 gram jengkol mengandung 4,7 gram zat besi.

3. Fosofor
Fosfor juga mineral lain yang terkandung dalam jengkol, dalam satu buah jengkol berukuran 100 gram mengandung sekitar 166,7m fosfor. Fosfor berguna bagi tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi seperti layaknya kalsium.

4. Kalsium
Kadar kalsium dalam jengkol adalah 140mg/100g bahan. Kalsium akan menjaga tulang anda dari pengeroposan. Makanan ini juga baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan kalsium dalam jumlah besar.

5. Vitamin
Jengkol juga mengandung beberapa vitamin yang baik untuk tubuh, diantaranya vitamin A, B1, B2, dan C. Kandungan vitamin A pada jengkol sekitar 658mg/100 gram yang berguna untuk kesehatan mata. Selain itu juga ada vitamin B1 yang berfungsi untuk kepekaan saraf dan B2 untuk membantu penyerapan protein. Jengkol juga mengandung 80mg vitamin C tiap 100 gramnya. Vitamin C sangat berguna bagi tubuh sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Wahh, ternyata makanan yang baunya aduhaii ini juga banyak manfaatnya juga ya? Tapi tidak semua jengkol lho yang memiliki zat-zat mineral yang berguna untuk tubuh seperti yang tersebut di atas. Ada juga beberapa jengkol apalagi jengkol liar yang malah mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan. Ini untuk jengkol yang biasa di jual di supermarket atau pasaran aja ya bukan jengkol jenis tertentu yang kadang tingkat racunnya sudah tidak bisa ditoleransi lagi.

Informasi ini tentu saja bisa memberikan angin segar bagi para pecinta jengkol "Jengkol Mania atau Jengkolers". Disamping baunya yang kadang menimbulkan aroma kurang sedap ternyata mengandung beberapa mineral yang baik untuk tubuh. Bau pada jengkol berasal dari sulfur yang terkandung dalam asam amino.
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Cara Sehat . All Rights Reserved
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates