Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 29 Januari 2013

Pantangan Makanan untuk Ibu Hamil

Kelahiran seorang bayi menjadi sesuatu yang dirindukan oleh seorang ibu hamil. Semua ibu tentu ingin bayinya terlahir sehat dan selamat. Nah pada kali ini kita akan membahas mengenai konsumsi makanan yang baik bagi ibu hamil. Makanan seperti apakah yang baik? Adakah Pantangan Makanan untuk Ibu Hamil?

Pantangan Makanan untuk Ibu Hamil
Kadang memang para ibu hamil punya permintaan yang aneh-aneh yang konon katanya permintaan itu adalah permintaan dari si jabang bayi, mengenai benar atau tidaknya silahkan tanya saja kepada para bayi yang baru lahir. (hehe). Namun jika isteri anda atau anda yang sedang hamil minta makanan sebagaimaa tersebut di bawah ini, sebaiknya perlu dihindari karena bisa menyebabkan masalah bagi sang bayi.

Berikut adalah pantangan makanan untuk ibu hamil :

1. Daging mentah atau setengah matang
Jika isteri anda senang sekali sama makanan daging terutama daging yang masih mentah atau setengah matang seperti sate, atau daging bakar sebaiknya dihindari. Karena dikhawatirkan daging mentah tersebut mengandung bakteri seperti Sallmonela dan Toxoplasma. Toksoplasma adalah sebuah virus yang terdapat pada kucing. Virus ini tertular melalui kambing atau sapi yang kebetulan memakan kotoran kucing yang ada di rumput sehingga kambing tersebut terinfeksi virus dan mengandung toxoplasma. Memang tidak semua daging kambing dan sapi yang terkena virus tersebut.

Namun yang sangat perlu diperhatikan adalah ketika memasak daging tersebut. Usahakan ketika memasak daging harus benar-benar matang karena daging yang masih mentah atau setengah matang menyebabkan parasit dan mikroorganisme tidak mati.  Parasit inilah yang nantinya akan menyebabkan gangguan pada janin.  Bisa jadi janin akan lahir dengan kondisi fisik yang tidak sempurna. Oh iya bukan hanya daging tetapi telur yang masih mentah atau setengah matang juga perlu dihindari.

2. Makanan yang mengandung pengawet
Jika isteri anda hobi makan makanan instant atau pun makanan mengandung pengawet lain, sebaiknya dihindari. Makanan seperti mie instant, sarden, sosis, kornet ataupun makanan jajanan di pasaran seperti bakso yang memakai boraks dan lain sebagainya. Pengawet tersebut sangat berbahaya bagi perkembangan janin dn bisa berefek menghambat pertumbuhan saraf-saraf otak janin.


3. Mie Instant dan cemilan ringan
Seperti yang sudah di bahas tadi bahwa mie instant memiliki pengawet yang bisa membahayakan si jabang bayi. Bukan hanya itu bumbu mie instant yang gurih tersebut mengandung MSG yang dapat memberikan dampak negatif bagi janin. Efek samping kebanyakan makan MSG sendiri adalah kepala pusing, jantung berdebar dan sesak nafas. Bagi calon bayi MSG bisa menyebabkan kerusakan sel saraf-saraf janin baik itu sebelum lahir atau ketika sudah lahir.


4. Alkohol
Minuman ini memang tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil tetapi juga setiap orang pada umumnya apalagi ibu hamil. Alkohol dapat gangguan mental pada bayi dan gangguan kehamilan lainnya. Hindari minuman yang beralkohol.

5. Kafein
Kafein biasanya ditemukan di minuman seperti teh dan kopi terutama kopi. Jika sering mengkonsumsi kafein akan berefek kepada terjadinya keguguran terutama pada masa-masa trisemester. Tidak jarang banyak orang yang mewanti-wanti orang hamil agar tidak mengkonsumsi kafein dan menjadi pantangan bagi setiap ibu hamil pada umumnya. Senyawa dari kafein dapat menyebabkan tubuh lemas, dehidrasi dan kekurangan kalsium.

6. Merokok
Sudah jelas terpapang dalam kemasan produk rokok yang tertulis, "merokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan janin". Sehingga harus dihindari bagi ibu hamil.

Masa-masa kehamilan juga hendaknya menghindari aktivitas-aktivitas berat demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


2 Comments

2 komentar:

Friza Mardiana mengatakan...

nice info gan, artikel Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil memang sangat bermanfaat.

Wawan Setiawan mengatakan...

Makasih bu.
Terima kasih kunjungannya. :D

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Cara Sehat . All Rights Reserved
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates