Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 31 Maret 2013

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih, cokelat atau pun kemerah-merahan. Penyakit ini memang bukan termasuk jenis penyakit berbahaya namun tetap saja keberadaannya kadang sungguh sangat mengganggu dan membuat penampilan kita tidak pede, terlebih lagi jika panu tumbuh di daerah yang sering terlihat seperti bagian leher dan wajah.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami
Panu disebabkan oleh infeksi jamur Pityrosporum ovale di bagian permukaan kulit tubuh seperti bagian leher, dada, punggung, lengan, dan sebagainya. Yang sering dialami banyak orang terutama di bagian punggung. Dan biasanya panu muncul disertai rasa gatal lebih lagi ketika berkeringat.

Terus apa sih yang menyebabkan panu datang?

Biasanya diakibatkan oleh kurangnya perhatian akan kebersihan badan seperti jarang mandi, jarang ganti baju, dan sebagainya. Ini akan memicu berkembang biaknya jamur yang dapat memicu tumbuhnya panu. Istilah kasarnya, panu merupakan penyakit nya orang-orang jorok.

Cara mencegahnya tentu saja dengan cara menjaga kebersihan badan dengan mandi 3 kali sehari serta mencuci baju yang telah dipakai sudah cukup mencegah timbulnya panu. Namun apabila sudah terlanjur muncul, tentu saja cara satu-satunya harus diobati.

Saat ini ada banyak sekali obat-obatan kapsul maupun salep yang tersedia di toko obat. Namun tidak ada salahnya jika tahu cara alami mengobati panu. Selain bahan-bahannya bisa anda cari sendiri di daerah sekitar juga bebas dari kandungan bahan-bahan kimia yang kadang bisa menimbulkan efek samping.

Berikut adalah Cara Menghilangkan Panu Secara Alami :

Belerang
Caranya dengan mengambil belerang secukupnya kemudian tumbuk halus dan campurkan dengan minyak kelapa dan jeruk nipis. Oleskan pada bagian kulit yang berpanu.

Lengkuas
Parut lengkuas kemudian campurkan dengan minyak tanah. Gosok-gosok pada bagian kulit yang panuan.

Daun Kemangi
Caranya dengan menumbuk daun kemangi kemudian campurkan dengan mentimun, kapur sirih, dan belerang. Oleskan pada kulit yang panuan.

Tangkai Bunga Kenanga
Ambil beberapa tangkai bunga kenanga kemudian haluskan. Campur dengan belerang yang dihaluskan dan minyak kelapa kemudian oleskan pada permukaan kulit yang panuan.

Kunyit
Parut kunyit, campurkan dengan garam kasar. Setelah itu oles dan gosokan pada permukaan kulit yang panuan.

Sereh
Memarkan batang sereh hingga mengeluarkan air. Kemudian oles-oles pada kulit yang berpanu. Lakukan 3 kali sehari sehabis mandi di sore hari.

Bawang Putih
Caranya dengan mengiris satu butir bawang putih kecil-kecil atau bisa juga dengan ditumbuk kemudian oleskan pada bagian kulit yang berpanu. Lakukan pada pagi dan malam hari secara teratur sampai panu mengering dan hilang.

Daun Pare
Campurkan pucuk daun pare dengan kapur sirih dan tumbuk halus. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang panuan.

Daun Leunca
Campurka pucuk daun leunca dengan garam kristal. Setelah itu bungkus dengan daun pisang, dan kukus sampai matang. Oles pada bagian kulit yang panuan.

Nah itulah tadi beberapa Cara Menghilangkan Panu Secara Alami.
Semoga bermanfaat.
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Cara Sehat . All Rights Reserved
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates