Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 22 Maret 2013

Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung
Bagi penderita asam lambung harus menghindari beberapa makanan seperti makanan pedas, makanan asam, dan juga yang memiliki lemak tinggi. Salah satu gejala penyakit ini adalah penderita merasakan rasa sakit melilit di perut, rasa sakit di dada serasa terbakar, batuk kering dan juga rasa sakit saat menelan makanan.

Nah bagi anda yang kebetulan sedang menderita penyakit ini, jangan khawatir beberapa makanan sehat, lezat dan bergizi berikut ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Selain itu makanan-makanan dibawah ini bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh serta bisa menambah berat badan bagi anda yang ingin berat badan anda naik.

Baiklah simak beberapa Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung berikut ini seperti dikutip dari SymptomFind:

1. Makanan daging tanpa lemak.
Pilihlah makanan daging yang rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit, daging sapi yang ramping, dan juga ikan. Hindari makan daging dengan cara di goreng untuk menghindari bertambahnya lemak, lebih baik di masak dengan cara dibakar.

2. Buah dan Sayuran dengan sedikit kandungan asam
Beberapa buah tersebut diantaranya adalah apel, pisang, stroberi, kentang panggang, brokoli, kubis, kacang polong, kacang hijau, wortel, dan zucchini. Produk susu dan keju rendah lemak masih bisa juga anda konsumsi.

3. Biji-bijian
Biji-bijian seperti sereal gandum, outmeal, dan beras merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung, selain itu bisa juga sebagai penambah energi tubuh anda karena kandungan yang kaya akan karbohidrat.

Ketiga jenis makanan di atas tidak hanya mencukupi kebutuhan gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan nutrisi lain tetapi juga bisa melancarkan sistem metabolisme tubuh membaik, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga mencegah penyakit jantung dan kanker.

Penderita asam lambung mungkin mengalami refluks terutama disaat mereka sedang berbaring untuk tidur. Untuk menghindari hal ini, pastikan anda untuk menyelesaikan makan malam anda minimal tiga jam sebelum tidur. Ini sangat baik karena tubuh punya cukup waktu untuk mencerna makanan.

Makanan potongan besar jika dimakan dalam posisi duduk juga bisa memicu refluks asam lambung. Ini terjadi karena makanan menyebabkan tekanan di perut. Lebih baik anda potong kecil-kecil dulu makanan sebelum anda santap.

Disarankan agar anda tidak memaksakan makan dalam porsi banyak sekaligus. Makanalah dalam porsi kecil saja dan anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari. Perubahan gaya hidup akan mengurangi anda terkena resiko asam lambung yang lebih berbahaya. Mulai sekarang, lakukanlah gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan di atas.
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Cara Sehat . All Rights Reserved
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates