Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 11 April 2013

Permainan untuk Mengasah Otak Anak

Permainan untuk Mengasah Otak Anak
Usia anak-anak merupakan masa-masa pertumbuhan dan perkembangan sel-sel biologis tubuh termasuk perkembangan dalam hal kecerdasan otaknya. Sebagai orang tua sudah tentu kita akan memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita. Berbagai aktifitas yang dilakukan anak setidaknya harus ada sisi pembelajaran baginya. Salah satunya adalah dengan memberikan berbagai permainan, tapi permainan yang seperti apa ya yang bagus untuk mengasah otak anak?

Selain mengasah otak anak, permainan juga bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Beberapa jenis permainan yang bisa melatih otak anak serta mempererat hubungan anak dengan orang tuanya seperti yang dikutip dari Todays Parent berikut ini :

1. Menggambar dan Mewarnai
Aktivitas menggambar merupakan salah satu kegiatan yang bagus untuk mengasah otak anak terutama bagi mereka yang masih berusia dini. Anak-anak akan berimajinasi menggunakan pikiran mereka serta mengaplikasikannya dengan sebuah gambar. Namun yang perlu di perhatikan adalah usahakan anak anda untuk menggambar benda tertentu walau pun hasilnya tidak bagus.

2. Bercerita
Salah satu kegiatan yang sangat baik untuk anak salah satunya adalah dengan cara bercerita. Dengan disajikan sebuah cerita maka anak-anak akan menyimpak serta berkonsentrasi dengan baik mendengarkan cerita yang dipaparkan. Ini sangat bagus untuk daya ingat anak.

3. Apa ini? Apa itu?
Cara kerja permainan ini yaitu anda menyediakan sebuah kantung yang berisi dengan mainan  tertentu. Isinya bisa mainan kuda, jerapah, anjing, kucing dan sebagainya. Ajak anak anda untuk mengambil mainan tersebut sambil menutup mata, tebaklah jenis mainan tersebut, biarkan anak meraba-raba mainan tersebut. Permainan ini melatih daya ingat serta menghubungkan informasi sensor anak dengan pengetahuannya terhadap bentuk tersebut.

4. Bermain Detektif
Permainan ini mirip petak umpet. Anak anda diajak untuk mencari benda yang anda sembunyikan, anda bisa memberi petunjuk agar anak mendekati benda itu.Permainan interaktif ini sangat membantu anak dalam mengasah kemampuan perencanaannya. Sangat bagus untuk perkembangan daya pikir anak.

5. Bermain Peran
Permainan berganti peran sangat bagus untuk melatih daya ingat. Anak anda diharuskan untuk menirukan peran dari sebuah tokoh tertentu. Ini sangat baik untuk melarih pengendalian diri anak agar berpikir fleksibel. Permainan sederhananya yaitu dengan memainkan peran tertentu seperti memerankan dokter, guru, polisi, dan sebagainya.

6. Playland
Permainan ini melatih anak anda agar bisa berpikir kreatif menghadapi tantangan-tantangan yang ada. Anda bisa menyusun kursi, meja, dan sebagainya serta membawa perkakas permainan seperti pistol air. Ajak anak anda untuk sebisa mungkin membuat strategi agar bisa terhindar dari serangan lawan. Permainan ini sangat bagus melatih daya pikir, perencanaan serta mengontrol gerak tubuh serta merencanakan pergerakan fisiknya.


Demikaian beberapa Permainan untuk Mengasah Otak Anak.
Semoga bisa bermanfaat.

Sumber gambar : Wolipop Detik
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Cara Sehat . All Rights Reserved
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates